Para Pendaki Rinjani

Melirik sekilas judul di atas, tulisan ini seperti mengarah kepada kisah para pendaki gunung Rinjani. Seperti apa perjuangan mereka dan semua suka duka yang mereka hadapi pada saat mendaki tersebut. Tetapi sama sekali bukan tentang itu. Ada yang lebih dari itu karena aku telah belajar dari mereka para pemberani. Aku salah seorang yang beruntung bertemu…

Ketika Harapan Berbalik

Rincian anggaran telah selesai, begitupun dengan rancangan kegiatan dan Trip Plan Management lainnya. Semua sudah beres, bahkan packing barang akan segera dilakukan. Perjalanan ini akan menjadi suatu perjalanan yang indah. Arnald partnerku dalam perjalanan ini adalah sosok yang menyenangkan. Ini baru namanya kompetisi. Unik dan penuh tantangan. traveling ke empat kota dan melakukan kegiatan sosial…

My Traveling is My Heaven

Malam itu nama-nama anggota di Cakrawala Writing Club diundi untuk sebuah perjalanan Backpacker di empat kota sekaligus melakukan kegiatan sosial di setiap kotanya. Ini kompetisi yang diadakan oleh advisor kami. Awalnya aku berharap Arief akan bersamaku. Tetapi kemudian nama Arnald terpilih untuk menjadi pasanganku. Aku bahagia saat itu karena Arnald adalah sosok yang menyenangkan. Lalu…

Seandainya Setiap Pemuda Mau Berkontribusi

Surabaya, ini pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Jawa Timur ini. Aku dan Arnald menumpang menginap di rumah kos kakak sepupunya. Namanya Yuli, ia yang kemudian mendedikasikan dirinya untuk menjadi salah satu volunteer pada kegiatan sosial disini. Kami tidak memiliki bayangan tentang kegiatan sosial apa yang akan kami kerjakan di Surabaya. Untuk pertama kalinya aku…

Perempuan Penjaja Kaset

Kami baru saja tiba di Semarang jam 02.00 Am dan menginap di sebuah penginapan di kawasan pecinan Semarang. Aku sama sekali buta dengan Semarang karena ini pertama kalinya aku datang kesini. Itu juga Karena aku mendapatkan kesempatan traveling yang difasilitasi oleh advisor Cakrawala Writing Club. Komunitas menulis yang aku bangun ini ternyata mendatangkan berkah di…

Menolong Itu Tidak Mudah

Aku dan Arnald duduk di sebuah pohon Beringin di Jalan Mallioboro Yogyakarta. Hari masih siang saat kami memutuskan beristirahat sejenak setelah lelah berkeliling observasi lokasi untuk kegiatan sosial kami. Arnald, teman yang baru ku kenal dua bulan lalu itu kini menjadi teman seperjalananku. Saat namanya dipasangkan dengan namaku di Cakrawala Writing Club di ajang traveling…

Keterlambatan Itu Mahal Harganya

“Saya tidak mengerti kenapa di Indonesia, orang begitu sering melanggar janji. Kalau ada janji bertemu datangnya telat, mahasiswa yang dikasih tugas juga melanggar deadline dan selalu saja ada alasannya. Padahal kalau sudah bilang ya, matipun salah”. Begitu kalimat Bangg Az yang paling sering diulang-ulang olehnya. Sebagai advisor Cakrawala Writing Club, dia selalu mengajarkan kami tentang…

Impian Anak-Anak Rel

Sebentar lagi Ashar tiba. Aku dan Arnald duduk di salah satu sudut Mallioboro dengan pikiran tak keruan. Kami sudah menghabiskan setengah hari berkeliling Mallioboro, tetapi masih belum menemukan kelompok sasaran yang kami cari. Mereka orang-orang yang tepat dan pantas mendapatkan pertolongan kami. Sesuai dengan konsep kompetisi yang kami ikuti ini bahwa kegiatan sosial akan dilakukan…

Calo Itu Bagian dari Perjalanan

Kota Surabaya benar-benar panas. Aku beberapa kali menegak air minum botol mineral yang dibeli oleh kakak sepupu Arnald. Namanya kak Yuli, dia gadis yang baik dan bersikap ramah kepada kami berdua sebagai tamu di rumahnya. Perjalanan menuju salah satu terminal di Surabaya ini pun menghabiskan waktu setengah jam. Aku merasakan keringat yang mulai meleleh di…

Arti Apresiasi Itu Bagiku

Arnald memperhatikan dandananku di kamar hotel saat kami akan berjalan-jalan pagi itu. Bahkan saat aku melilitkan sebuah tali accesories di atas kerudungku. Sesuatu yang tidak pernah ku lakukan sebelumnya di Jakarta saat aku bersamanya. Accesories itu sudah lama aku beli. Tetapi aku baru mengenakannya sewaktu di Bali. Arnald adalah teman seperjalananku. Kami berdua merupakan anggota…